Tafsir Al-Muyasar Surat AL-Furqaan 36-40

AL-FURQAAN : 36-

فَقُلْنَا اذْهَبَا إِلَى الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا فَدَمَّرْنَاهُمْ تَدْمِيرًا

TERJEMAH :

Kemudian Kami berfirman kepada keduanya: “Pergilah kamu berdua kepada kaum yang mendustakan ayat-ayat Kami”. Maka Kami membinasakan mereka sehancur-hancurnya.

TAFSIR :

Kami katakan kepada mereka berdua : Pergilah kalian berdua kepada Fir’aun dan kaumnya yang mendustakan bukti-bukti rububiyah dan uluhiyyah Kami. Kemudian mereka berdua pergi kepada Fir’aun dan kaumnya dan mengajak mereka untuk beriman kepada Allah dan menaati-Nya serta tidak menyekutukan-Nya. Mereka kemudian mendustakan Musa dan Harun, maka Kami binasakan mereka dengan kebinasaan yang sangat dahsyat.

AL-FURQAAN : 37-

وَقَوْمَ نُوحٍ لَّمَّا كَذَّبُوا الرُّسُلَ أَغْرَقْنَاهُمْ وَجَعَلْنَاهُمْ لِلنَّاسِ آيَةً وَأَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ عَذَابًا أَلِيمًا

TERJEMAH :

Dan (telah Kami binasakan) kaum Nuh tatkala mereka mendustakan rasul-rasul. Kami tenggelamkan mereka dan kami jadikan (cerita) mereka itu pelajaran bagi manusia. Dan Kami telah menyediakan bagi orang-orang zalim azab yang pedih;

TAFSIR :

Kami telah menenggelamkan kaum Nabi Nuh ke dalam banjir bandang tatkala mereka mendustakannya. Sesungguhnya ketika mereka mendustakan satu Rasul pada hakikatnya mereka telah mendustakan semua Rasul. Kami jadikan tenggelamnya mereka itu sebagai pelajaran bagi manusia, dan Kami sediakan untuk orang-orang yang berjalan di atas jalan mereka Di Hari Kiamat adzab yang sangat dahsyat.

AL-FURQAAN : 38-

وَعَادًا وَثَمُودَ وَأَصْحَابَ الرَّسِّ وَقُرُونًا بَيْنَ ذَلِكَ كَثِيرًا

TERJEMAH :

dan (Kami binasakan) kaum ‘Aad dan Tsamud dan penduduk Rass [1069] dan banyak (lagi) generasi-generasi di antara kaum- kaum tersebut.

[1069] “Rass” adalah telaga yang sudah kering airnya. Kemudian dijadikan nama suatu kaum, yaitu kaum Rass. Mereka menyembah patung, lalu Allah mengutus Nabi Syuaib u kepada mereka.

TAFSIR :

Dan Kami binasakan kaum ‘Ad yakni kaum Nabi Hud, Tsamud yakni kaumnya Nabi Shalih dan kaum pemilik sumur (kaum Nabi Syu’ain-penj) serta umat-umat yang banyak di antara kaum Nabi Nuh, ‘Ad, Tsamud dan penduduk Rass. Tidak ada yang mengetahuinya kecuali hanya Allah.

AL-FURQAAN : 39-

وَكُلًّا ضَرَبْنَا لَهُ الْأَمْثَالَ وَكُلًّا تَبَّرْنَا تَتْبِيرًا

TERJEMAH :

Dan Kami jadikan bagi masing-masing mereka perumpamaan dan masing-masing mereka itu benar benar telah Kami binasakan dengan sehancur-hancurnya.

TAFSIR :

Untuk setiap umat, Kami telah memberikan bukti-bukti. Kami telah menjelaskan dalil-dalil dengan nyata. Kami singkirkan peluang untuk beralasan dari mereka. Meskipun begitu, mereka tetap tidak beriman. Maka Kami binasakan mereka dengan adzab yang menghancurkan.

AL-FURQAAN : 40-

وَلَقَدْ أَتَوْا عَلَى الْقَرْيَةِ الَّتِي أُمْطِرَتْ مَطَرَ السَّوْءِ أَفَلَمْ يَكُونُوا يَرَوْنَهَا بَلْ كَانُوا لَا يَرْجُونَ نُشُورًا

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya mereka (kaum musyrik Mekah) telah melalui sebuah negeri (Sadum) yang (dulu) dihujani dengan hujan yang sejelek-jeleknya (hujan batu). Maka apakah mereka tidak menyaksikan runtuhan itu; bahkan adalah mereka itu tidak mengharapkan akan kebangkitan.

TAFSIR :

Sesungguhnya mereka, yaitu kaum musyrik Makkah dan rombongannya telah melewati negeri kaum Nabi Luth yakni negeri Sadum, yang dulu dihujani dengan hujan batu dari langit. Namun mereka tetap tidak mau mengambil pelajaran darinya bahkan mereka sama sekali tidak mengharapkan akhirat di Hari Kiamat nanti, yang mana mereka akan mendapatkan balasan di dalamnya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*