Tafsir Al-Muyasar Surat AL-Furqaan 31-35

AL-FURQAAN : 31-

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا مِّنَ الْمُجْرِمِينَ وَكَفَى بِرَبِّكَ هَادِيًا وَنَصِيرًا

TERJEMAH :

Dan seperti itulah, telah Kami adakan bagi tiap-tiap nabi, musuh dari orang-orang yang berdosa. Dan cukuplah Tuhanmu menjadi Pemberi petunjuk dan Penolong.

TAFSIR :

Wahai Rasul, sebagaimana telah Kami jadikan orang-orang yang berdosa dari kaummu sebagai musuhmu, maka Kami juga menjadikan untuk para Nabi seorang musuh yang berasal dari kaumnya yang berdosa. Bersabarlah sebagaimana mereka bersabar!! Cukuplah Allah sebagai pemberi hidayah, petunjuk, dan pertolongan yang akan menolongmu dari musuh-musuhmu. Di dalam ayat ini terdapat hiburan bagi Nabi-Nya Muhammad صلی الله عليه وسلم .

AL-FURQAAN : 32-

وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوْلَا نُزِّلَ عَلَيْهِ الْقُرْآنُ جُمْلَةً وَاحِدَةً كَذَلِكَ لِنُثَبِّتَ بِهِ فُؤَادَكَ وَرَتَّلْنَاهُ تَرْتِيلًا

TERJEMAH :

Berkatalah orang-orang yang kafir: “Mengapa Al Qur’an itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja?”; demikianlah [1067] supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacanya secara tartil (teratur dan benar).

[1067] Maksudnya: Al Qur’an itu tidak diturunkan sekaligus, tetapi diturunkan secara berangsur-angsur agar dengan cara demikian hati nabi Muhammad r menjadi kuat dan tetap.

TAFSIR :

Orang-orang kafir berkata : Mengapa al-Qur’an itu tidak diturunkan kepada Muhammad sekali turun saja seperti Taurat, Injil dan Zabur?? Allah kemudian berfirman : Demikianlah, Kami turunkan secara terpisah-pisah supaya Kami bisa meneguhkan hatimu dengannya dan menambah ketenanganmu. Sehingga kamu bisa memahaminya dan membawanya. Kami menjelaskannya dengan akurat dan perlahan.

AL-FURQAAN : 33-

وَلَا يَأْتُونَكَ بِمَثَلٍ إِلَّا جِئْنَاكَ بِالْحَقِّ وَأَحْسَنَ تَفْسِيرًا

TERJEMAH :

Tidaklah orang-orang kafir itu datang kepadamu (membawa) sesuatu yang ganjil, melainkan Kami datangkan kepadamu suatu yang benar dan yang paling baik penjelasannya [1068].

[1068] Maksudnya: setiap kali mereka datang kepada nabi Muhammad r membawa suatu hal yang aneh berupa usul dan kecaman, Allah menolaknya dengan suatu yang benar dan nyata.

TAFSIR :

Wahai Rasul, tidaklah orang-orang musyrik itu datang kepadamu dengan membawa argumen atau syubhat, melainkan Kami pasti datangkan kepadamu suatu jawaban yang benar dan dengan sebaik-baik penjelasan.

AL-FURQAAN : 34-

الَّذِينَ يُحْشَرُونَ عَلَى وُجُوهِهِمْ إِلَى جَهَنَّمَ أُوْلَئِكَ شَرٌّ مَّكَانًا وَأَضَلُّ سَبِيلًا

TERJEMAH :

Orang-orang yang dihimpunkan ke neraka Jahannam dengan diseret atas muka-muka mereka, mereka itulah orang yang paling buruk tempatnya dan paling sesat jalannya.

TAFSIR :

Orang-orang kafir adalah mereka yang nanti akan diseret di atas wajahnya ke dalam Neraka Jahanam, mereka itu adalah manusia yang paling buruk tempatnya dan yang paling jauh jalannya dari kebenaran.

AL-FURQAAN : 35-

وَلَقَدْ آتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَ وَجَعَلْنَا مَعَهُ أَخَاهُ هَارُونَ وَزِيرًا

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya kami telah memberikan Al Kitab (Taurat) kepada Musa dan Kami telah menjadikan Harun saudaranya, menyertai dia sebagai wazir (pembantu).

TAFSIR :

Sesungguhnya Kami telah memberikan kitab Taurat kepada Musa dan Kami telah menjadikan Harun saudaranya sebagai pendukungnya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*