Tafsir Al-Muyasar Surat AL-Furqaan 1-5

AL-FURQAAN : 1-

تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَى عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا

TERJEMAH :

Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Qur’an) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam [1053],

[1053] Maksudnya jin dan manusia.

TAFSIR :

Alangkah agungnya keberkahan Allah dan alangkah banyak kebaikan-Nya. Mahasempurna sifat-sifat Allah yang telah menurunkan al-Qur’an yang membedakan antara yang haq dengan yang batil. Diturunkan kepada hamba-Nya yang bernama Muhammad صلی الله عليه وسلم, yang menajdi seorang Rasul untuk manusia dan jin, dan yang mengancam mereka dengan adzab Allah.

AL-FURQAAN : 2-

الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُن لَّهُ شَرِيكٌ فِي الْمُلْكِ وَخَلَقَ كُلَّ شَيْءٍ فَقَدَّرَهُ تَقْدِيرًا

TERJEMAH :

yang kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak mempunyai anak, dan tidak ada sekutu bagiNya dalam kekuasaan(Nya), dan dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya [1054]

[1054] Maksudnya: segala sesuatu yang dijadikan Tuhan diberi-Nya perlengkapan-perlengkapan dan persiapan-persiapan, sesuai dengan naluri, sifat-sifat dan fungsinya masing-masing dalam hidup.

TAFSIR :

Kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi. Dia tidak mempunyai anak, dan tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan-Nya. Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukuran sesuai dengan makhluk-Nya. Kesesuaian yang mendatangkan hikmah-Nya tanpa ada kekurangan dan cacat.

AL-FURQAAN :  3-

وَاتَّخَذُوا مِن دُونِهِ آلِهَةً لَّا يَخْلُقُونَ شَيْئًا وَهُمْ يُخْلَقُونَ وَلَا يَمْلِكُونَ لِأَنفُسِهِمْ ضَرًّا وَلَا نَفْعًا وَلَا يَمْلِكُونَ مَوْتًا وَلَا حَيَاةً وَلَا نُشُورًا

TERJEMAH :

Kemudian mereka mengambil tuhan-tuhan selain daripada-Nya (untuk disembah), yang tuhan-tuhan itu tidak menciptakan apapun, bahkan mereka sendiri diciptakan dan tidak kuasa untuk (menolak) sesuatu kemudharatan dari dirinya dan tidak (pula untuk mengambil) suatu kemanfaatanpun dan (juga) tidak kuasa mematikan, menghidupkan dan tidak (pula) membangkitkan.

TAFSIR :

Orang-orang musyrik Arab menjadikan sesembahan selain Allah. Sesembahan yang tidak mampu menciptakan apapun. Allah-lah yang menciptakan sesembahan tersebut dan yang menciptakan mereka. Sesembahan tersebut tidak mampu menolak keburukan maupun mendatangkan kemanfaatan bagi dirinya sendiri. Tidak mampu mematikan sesuatu yang hidup dan tidak mampu menghidupkan sesuatu yang mati. Atau membangkitkan seseorang yang sudah mati dari kuburnya dalam keadaan hidup.

AL-FURQAAN :  4-

وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا إِنْ هَذَا إِلَّا إِفْكٌ افْتَرَاهُ وَأَعَانَهُ عَلَيْهِ قَوْمٌ آخَرُونَ فَقَدْ جَاؤُوا ظُلْمًا وَزُورًا

TERJEMAH :

Dan orang-orang kafir berkata: “Al Qur’an ini tidak lain hanyalah kebohongan yang diada-adakan oleh Muhammad dan dia dibantu oleh kaum yang lain [1055]“; maka sesungguhnya mereka telah berbuat suatu kezaliman dan dusta yang besar.

[1055] Yang dimaksud oleh mereka dengan “kaum yang lain” itu ialah orang-orang yang sudah masuk islam.

TAFSIR :

Orang-orang yang kufur kepada Allah berkata : Al-Qur’an ini tidak lain hanyalah kebohongan dan kedustaan yang diada-adakan oleh Muhammad dengan bantuan orang lain. Mereka telah berbuat kezhaliman yang mengerikan dan mendatangkan kedustaan yang keji. Al-Qur’an tidak mungkin dibuat oleh seorang manusia.

AL-FURQAAN : 5-

وَقَالُوا أَسَاطِيرُ الْأَوَّلِينَ اكْتَتَبَهَا فَهِيَ تُمْلَى عَلَيْهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

TERJEMAH :

Dan mereka berkata: “Dongengan-dongengan orang-orang dahulu, dimintanya supaya dituliskan, maka dibacakanlah dongengan itu kepadanya setiap pagi dan petang.”

TAFSIR :

Mereka berkata tentang Al-Qur’an : Al-Qur’an ini adalah dongengan-dongengan orang-orang terdahulu yang tertulis di dalam kitab-kitab mereka. Muhammad telah menyalinnya dari kitab-kitab tersebut dan membacanya tiap pagi dan petang.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*