Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Ankabuut 61-65

AL-ANKABUUT : 61-

وَلَئِن سَأَلْتَهُم مَّنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لَيَقُولُنَّ اللَّهُ فَأَنَّى يُؤْفَكُونَ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka: “Siapakah yang menjadikan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan?” Tentu mereka akan menjawab: “Allah”, maka betapakah mereka (dapat) dipalingkan (dari jalan yang benar).

TAFSIR :

Bila kamu (wahai Rasul) bertanya kepada orang-orang musyrikin : Siapa yang menciptakan langit dan bumi dengan tatanan yang sedemikian canggih, dan siapa pula yang menundukkan matahari dan rembulan?? Niscaya mereka akan menjawab : Hanya Allah saja yang menciptakan mereka. Lalu bagaimana mereka bisa dipalingkan dari iman kepada Allah, Pencipta segala sesuatu sekaligus pengaturnya dan justru menyembah yang lain bersama-Nya?? Benar-benar kebohongan dan kedustaan yang mengherankan.

AL-ANKABUUT : 62-

اللَّهُ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَن يَشَاء مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ إِنَّ اللَّهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

TERJEMAH :

Allah melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba- hamba-Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan baginya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

TAFSIR :

Allah melapangkan rizki atas siapa yang dikehendaki-Nya dari makhluk-Nya, dan Dia juga mempersempit atas yang lain dari mereka, karena Dia mengetahui apa yang bermanfaat bagi hamba-hamba-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu termasuk keadaan dan urusan kalian, tiada sesuatu pun yang samar bagi Allah.

AL-ANKABUUT : 63-

وَلَئِن سَأَلْتَهُم مَّن نَّزَّلَ مِنَ السَّمَاء مَاء فَأَحْيَا بِهِ الْأَرْضَ مِن بَعْدِ مَوْتِهَا لَيَقُولُنَّ اللَّهُ قُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لَا يَعْقِلُونَ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya jika kamu menanyakan kepada mereka: “Siapakah yang menurunkan air dari langit lalu menghidupkan dengan air itu bumi sesudah matinya?” Tentu mereka akan menjawab: “Allah”, Katakanlah: “Segala puji bagi Allah”, tetapi kebanyakan mereka tidak memahami(nya).

TAFSIR :

Bila kamu (wahai Rasul) bertanya kepada orang-orang musyrikin : Siapa yang menurunkan air dari awan lalu Dia menghidupkan bumi setelah sebelumnya kering?? Maka mereka pasti menjawab kepadamu dengan penuh pengakuan : Hanya Allah yang bisa menurunkan hal itu. Katakanlah : Segala puji bagi Allah yang telah mengunggulkan hujjah-mu atas mereka. Sebaliknya kebanyakan dari mereka tidak memahami apa yang bermanfaat bagi mereka dan apa yang memudharatkan. Seandainya mereka itu mau menggunakan akalnya niscaya mereka tidak akan mempersekutukan Allah dengan yang lain.

AL-ANKABUUT : 64-

وَمَا هَذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ وَإِنَّ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

TERJEMAH :

Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.

TAFSIR :

Kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan senda gurau, dengannya hati manusia bermain-main dan dengannya jasad manusia habis, disebabkan oleh perhiasan dan syahwat padanya, kemudian setelah itu ia pun lenyap dengan sangat cepat. Namun kehidupan akhirat adalah kehidupan yang sebenarnya lagi abadi tanpa kematian. Sekiranya manusia mengetahui hal ini, niscaya mereka tidak akan mengedepankan alam fana di atas alam baqa (kekal).

AL-ANKABUUT : 65-

فَإِذَا رَكِبُوا فِي الْفُلْكِ دَعَوُا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ فَلَمَّا نَجَّاهُمْ إِلَى الْبَرِّ إِذَا هُمْ يُشْرِكُونَ

TERJEMAH :

Maka apabila mereka naik kapal mereka mendo’a kepada Allah dengan memurnikan keta’atan kepada-Nya [1159]; maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, tiba-tiba mereka (kembali) mempersekutukan (Allah)

[1159] Maksudnya: dengan memurnikan keta’atan semata-mata kepada Allah.

TAFSIR :

Bila orang-orang kafir naik perahu di laut dan takut tenggelam, maka mereka mentauhidkan Allah. Pada saat sulit mereka mengikhlaskan doa kepada Allah, tetapi manakala Allah telah menyelamatkan mereka ke daratan dan kesulitan mereka terangkat, maka mereka kembali mempersekutukan Allah.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*