Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Ankabuut 56-60

AL-ANKABUUT : 56-

يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ أَرْضِي وَاسِعَةٌ فَإِيَّايَ فَاعْبُدُونِ

TERJEMAH :

Hai hamba-hamba-Ku yang beriman, sesungguhnya bumi-Ku luas, maka sembahlah Aku saja.

TAFSIR :

Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman, bila kalian dalam kesempitan sehingga tidak kuasa menampakkan iman dan ibadah kepada Allah semata, maka berhijrahlah ke bumi Allah yang lapang. Ikhlaskanlah ibadah hanya kepada-Ku saja.

AL-ANKABUUT : 57-

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ثُمَّ إِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

TERJEMAH :

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan.

TAFSIR :

Setiap jiwa yang hidup pasti merasakan mati, kemudian kepada Kami kalian akan kembali untuk hisab dan pembalasan.

AL-ANKABUUT : 58-

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَنُبَوِّئَنَّهُم مِّنَ الْجَنَّةِ غُرَفًا تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا نِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ

TERJEMAH :

Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, sesungguhnya akan Kami tempatkan mereka pada tempat-tempat yang tinggi di dalam syurga, yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik-baik pembalasan bagi orang-orang yang beramal,

TAFSIR :

Dan orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, dan mereka melakukan kebaikan-kebaikan yang diperintahkan kepada mereka, niscaya Kami akan menempatkan mereka di dalam surga di dalam kamar-kamar yang tinggi di mana sungai-sungai mengalir di bawahnya, tinggal untuk selamanya di dalamnya. Sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang taat kepada Allah adalah kamar-kamar tersebut di surga kenikmatan.

AL-ANKABUUT : 59-

الَّذِينَ صَبَرُوا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

TERJEMAH :

(yaitu) yang bersabar dan bertawakkal kepada Tuhannya.

TAFSIR :

Sesungguhnya surga-surga yang disebutkan itu disediakan bagi orang-orang yang sabar dalam beribadah kepada Allah dan berpegang kepada agama-Nya. Dan mereka hanya bersandar kepada Allah dalam urusan rizki dan jihad melawan musuh.

AL-ANKABUUT : 60-

وَكَأَيِّن مِن دَابَّةٍ لَا تَحْمِلُ رِزْقَهَا اللَّهُ يَرْزُقُهَا وَإِيَّاكُمْ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

TERJEMAH :

Dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezkinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

TAFSIR :

Berapa banyak hewan melata yang tidak menyimpan makanannya untuk besok seperti yang dilakukan oleh Bani Adam. Allah memberi rizki kepadanya sebagaimana Dia merizkikan kepada kalian. Dan Dia Maha Mendengar ucapan-ucapan kalian, Dia juga Maha Mengetahui perbuatan-perbuatan kalian dan apa yang terlintas dalam hati kalian.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*