Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Ankabuut 51-55

AL-ANKABUUT : 51-

أَوَلَمْ يَكْفِهِمْ أَنَّا أَنزَلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ يُتْلَى عَلَيْهِمْ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَرَحْمَةً وَذِكْرَى لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

TERJEMAH :

Dan apakah tidak cukup bagi mereka bahwasanya Kami telah menurunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur’an) sedang dia dibacakan kepada mereka? Sesungguhnya dalam (Al Qur’an) itu terdapat rahmat yang besar dan pelajaran bagi orang-orang yang beriman.

TAFSIR :

Apakah tidak cukup bagi orang-orang musyrikin tersebut dalam pengetahuan mereka tentang kebenaranmu (wahai Rasul), bahwa Kami menurunkan al-Qur’an kepadamu yang dibacakan kepada mereka?? Sesungguhnya di dalam al-Qur’an ini benar-benar terdapat rahmat Allah bagi orang-orang Mukmin di dunia dan di akhirat, sekaligus peringatan di mana mereka mengingat pelajaran dan nasihat di dalamnya.

Asbabun Nuzul :

Ibnu Jarir, Ibnu Abu Hatim dan ad-Darimi dalam musnadnya meriwayatkan dari jalan Amru bin Dinar dari Yahya bin Ja’dah berkata : Beberapa orang dari kaum muslimin hadir membawa beberapa kitab, mereka menulis apa yang mereka dengar dari orang-orang Yahudi, maka Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda : Cukuplah kesesatan bagi suatu kaum jika mereka membenci apa yang dibawa oleh nabi mereka dengan melongok kepada apa yang dibawa oleh nabi yang lain kepada kaum yang lain.  Maka turun ayat 51 ini.

AL-ANKABUUT : 52-

قُلْ كَفَى بِاللَّهِ بَيْنِي وَبَيْنَكُمْ شَهِيدًا يَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالَّذِينَ آمَنُوا بِالْبَاطِلِ وَكَفَرُوا بِاللَّهِ أُوْلَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Cukuplah Allah menjadi saksi antaraku dan antaramu. Dia mengetahui apa yang di langit dan di bumi. Dan orang-orang yang percaya kepada yang batil dan ingkar kepada Allah, mereka itulah orang-orang yang merugi.

TAFSIR :

Katakanlah : Cukuplah Allah menjadi saksi di antara aku dengan kalian atas kebenaranku bahwa aku adalah utusan Allah, dan atas pendustaan kalian terhadapku serta penolakan kalian terhadap kebenaran yang aku bawa dari sisi Allah. Dia Maha Mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi, tiada sesuatu pun pada keduanya yang samar bagi Allah. Orang-orang yang beriman kepada kebatilan dan kafir kepada Allah (sekalipun sudah ada dalil-dalil yang jelas), mereka adalah orang-orang yang merugi di dunia dan di akhirat.

AL-ANKABUUT : 53-

وَيَسْتَعْجِلُونَكَ بِالْعَذَابِ وَلَوْلَا أَجَلٌ مُّسَمًّى لَجَاءهُمُ الْعَذَابُ وَلَيَأْتِيَنَّهُم بَغْتَةً وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ

TERJEMAH :

Dan mereka meminta kepadamu supaya segera diturunkan azab. Kalau tidaklah karena waktu yang telah ditetapkan [1158], benar-benar telah datang azab kepada mereka, dan azab itu benar-benar akan datang kepada mereka dengan tiba-tiba, sedang mereka tidak menyadarinya.

[1158] Yang dimaksud dengan “waktu yang telah ditetapkan”, ialah: menjanjikan azab itu pada hari Pembalasan, di akhirat.

TAFSIR :

Orang-orang musyrik dari kaummu itu (wahai Rasul) meminta disegerakannya adzab sebagai sebuah ejekan. Seandainya Allah menetapkan waktu untuk adzab mereka di dunia di mana ia tidak maju dan tidak mundur, niscaya adzab akan datang kepada mereka saat mereka memintanya. Dan adzab itu pasti akan datang kepada mereka secara tiba-tiba tanpa mereka sadari dan rasakan.

AL-ANKABUUT : 54-

يَسْتَعْجِلُونَكَ بِالْعَذَابِ وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمُحِيطَةٌ بِالْكَافِرِينَ

TERJEMAH :

Mereka meminta kepadamu supaya segera diturunkan azab. Dan sesungguhnya Jahannam benar-benar meliputi orang-orang yang kafir,

TAFSIR :

Mereka meminta kepadamu disegerakannya adzab di dunia. Adzab itu akan datang kepada mereka tidak mungkin tidak, bisa di dunia bisa juga di akhirat. Sesungguhnya siksa Jahanam di akhirat benar-benar meliputi mereka, sehingga mereka tidak mempunyai tempat utnuk berlari darinya.

AL-ANKABUUT : 55-

يَوْمَ يَغْشَاهُمُ الْعَذَابُ مِن فَوْقِهِمْ وَمِن تَحْتِ أَرْجُلِهِمْ وَيَقُولُ ذُوقُوا مَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

TERJEMAH :

pada hari mereka ditutup oleh azab dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka dan Allah berkata (kepada mereka): “Rasailah (pembalasan dari) apa yang telah kamu kerjakan”.

TAFSIR :

Di Hari Kiamat orang-orang kafir dikelilingi adzab Jahanam, dari atas kepala mereka dan dari bawah kaki mereka. Api neraka mengelilingi mereka dari segala arah. Pada saat itu Allah berfirman kepada mereka : Rasakanlah balasan dari apa yang kalian kerjakan di dunia. Yaitu kesyirikan kepada Allah dan melakukan kejahatan dan dosa.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*