Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Ankabuut 36-40

AL-ANKABUUT : 36-

وَإِلَى مَدْيَنَ أَخَاهُمْ شُعَيْبًا فَقَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَارْجُوا الْيَوْمَ الْآخِرَ وَلَا تَعْثَوْا فِي الْأَرْضِ مُفْسِدِينَ

TERJEMAH :

Dan (Kami telah mengutus) kepada penduduk Mad-yan, saudara mereka Syu’aib, maka ia berkata: “Hai kaumku, sembahlah olehmu Allah, harapkanlah (pahala) hari akhir, dan jangan kamu berkeliaran di muka bumi berbuat kerusakan”.

TAFSIR :

Dan Kami mengutus ke negeri Madyan saudara mereka Syu’aib. Maka dia berkata kepada mereka : Wahai kaumku, sembahlah Allah semata, beribadahlah kepada-Nya secara ikhlas, kalian tidak memiliki sembahan yang haq selainnya. Berharaplah pahala akhirat dari ibadah kalian, dan jangan memperbanyak kerusakan dan kemaksiatan di muka bumi, serta jangan mempertahankannya. Sebaliknya bertaubatlah kepada Allah darinya dan kembalilah kepada-Nya.

AL-ANKABUUT : 37-

فَكَذَّبُوهُ فَأَخَذَتْهُمُ الرَّجْفَةُ فَأَصْبَحُوا فِي دَارِهِمْ جَاثِمِينَ

TERJEMAH :

Maka mereka mendustakan Syu’aib, lalu mereka ditimpa gempa yang dahsyat, dan jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat-tempat tinggal mereka.

TAFSIR :

Penduduk Madyan mendustakan risalah Syu’aib yang dia bawa dari Allah, maka mereka ditimpa gempa bumi yang sangat dahsyat, sehingga mereka bertumbangan mati di negeri mereka.

AL-ANKABUUT : 38-

وَعَادًا وَثَمُودَ وَقَد تَّبَيَّنَ لَكُم مِّن مَّسَاكِنِهِمْ وَزَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطَانُ أَعْمَالَهُمْ فَصَدَّهُمْ عَنِ السَّبِيلِ وَكَانُوا مُسْتَبْصِرِينَ

TERJEMAH :

Dan (juga) kaum ‘Aad dan Tsamud, dan sungguh telah nyata bagi kamu (kehancuran mereka) dari (puing-puing) tempat tinggal mereka. Dan syaitan menjadikan mereka memandang baik perbuatan-perbuatan mereka, lalu ia menghalangi mereka dari jalan (Allah), sedangkan mereka adalah orang-orang berpandangan tajam,

TAFSIR :

Dan Kami membinasakan ‘Ad dan Tsamud dan kalian telah melihat negeri mereka kosong dari mereka dan hancur lebur, serta bagaimana adzab Kami menimpa mereka semuanya. Setan telah membaguskan amal perbuatan buruk mereka, sehingga dia menghalang-halangi mereka dari jalan Allah dan jalan iman kepada-Nya dan kepada utusan-utusan-Nya. Mereka mempertahankan kekufuran dan kesesatan mereka dengan kesadaran dari mereka bahkan mereka mengaguminya. Mereka mengira dir mereka di atas petunjuk dan kebenaran, padahal sebenarnya mereka terbenam dalam kesesatan.

AL-ANKABUUT : 39-

وَقَارُونَ وَفِرْعَوْنَ وَهَامَانَ وَلَقَدْ جَاءهُم مُّوسَى بِالْبَيِّنَاتِ فَاسْتَكْبَرُوا فِي الْأَرْضِ وَمَا كَانُوا سَابِقِينَ

TERJEMAH :

dan (juga) Karun, Fir’aun dan Haman. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka Musa dengan (membawa bukti-bukti) keterangan-keterangan yang nyata. Akan tetapi mereka berlaku sombong di (muka) bumi, dan tiadalah mereka orang-orang yang luput (dari kehancuran itu).

TAFSIR :

Dan Kami membinasakan Qarun, Fir’aun dan Haman. Sungguhn Musa telah datang kepada mereka semuanya dengan membawa hujjah-hujjah yang jelas. Namun mereka justru menyombongkan diri, bersikap angkuh dan mereka tidak akan bias luput dari Kami, sebaliknya Kami mampu menguasai mereka.

AL-ANKABUUT : 40-

فَكُلًّا أَخَذْنَا بِذَنبِهِ فَمِنْهُم مَّنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِبًا وَمِنْهُم مَّنْ أَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ وَمِنْهُم مَّنْ خَسَفْنَا بِهِ الْأَرْضَ وَمِنْهُم مَّنْ أَغْرَقْنَا وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَكِن كَانُوا أَنفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ

TERJEMAH :

Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.

TAFSIR :

Kami menimpakan adzab Kami kepada setiap dari mereka semuanya disebabkan oleh dosa-dosanya. Di antara mereka ada yang Kami kirimi angin rebut yang melempari mereka dengan batu dari tanah basah secara bertubi-tubi. Di antara mereka ada yang disiksa oleh suara menggegar dan mereka adalah kaum Shalih dan kaum Syu’aib. Di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi seperti Qarun. Di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan yaitu kaum Nuh, Fir’aun beserta kaumnya. Allah tidak membinasakan mereka akibat dosa orang lain, sehingga Dia membinasakan mereka padahal mereka tidak berhak. Akan tetapi mereka sendirilah yang menzhalimi diri mereka, di mana mereka tinggal di negeri mereka bergelimang nikmat-nikmat Allah namun mereka menyembah selain-Nya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*