Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Ankabuut 26-30

AL-ANKABUUT : 26-

فَآمَنَ لَهُ لُوطٌ وَقَالَ إِنِّي مُهَاجِرٌ إِلَى رَبِّي إِنَّهُ هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

TERJEMAH :

Maka Luth membenarkan (kenabian)nya. Dan berkatalah Ibrahim: “Sesungguhnya aku akan berpindah ke (tempat yang diperintahkan) Tuhanku (kepadaku); sesungguhnya Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

TAFSIR :

Luth membenarkan Ibrahim dan mengikuti agamanya. Ibrahim berkata : Sesungguhnya aku meninggalkan negeri kaumku menuju bumi yang diberkahi, yaitu Syam. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa yang tidak terkalahkan, Maha Bijaksana dalam tatanan-Nya.

AL-ANKABUUT : 27-

وَوَهَبْنَا لَهُ إِسْحَقَ وَيَعْقُوبَ وَجَعَلْنَا فِي ذُرِّيَّتِهِ النُّبُوَّةَ وَالْكِتَابَ وَآتَيْنَاهُ أَجْرَهُ فِي الدُّنْيَا وَإِنَّهُ فِي الْآخِرَةِ لَمِنَ الصَّالِحِينَ

TERJEMAH :

Dan Kami anugrahkan kepda Ibrahim, Ishak dan Ya’qub, dan Kami jadikan kenabian dan Al Kitab pada keturunannya, dan Kami berikan kepadanya balasannya di dunia [1149]; dan sesungguhnya dia di akhirat, benar-benar termasuk orang-orang yang saleh.

[1149] Yaitu dengan memberikan anak cucu yang baik, kenabian yang terus menerus pada keturunannya, dan puji-pujian yang baik.

TAFSIR :

Dan Kami memberikan anak kepadanya bernama Ishaq, dan sesudah Ishaq adalah Ya’qub sebagai cucunya. Dan Kami menjadikan anak keturunannnya sebagai Nabi-Nabi yang diberi kitab, dan Kami memberikan balasan atas pahala ujian yang menimpanyademi Aku di dunia ini dalam bentuk nama yang baik dan anak yang shalih. Sedangkan di akhirat dia termasuk orang-orang yang shalih.

AL-ANKABUUT : 28-

وَلُوطًا إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ إِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الْفَاحِشَةَ مَا سَبَقَكُم بِهَا مِنْ أَحَدٍ مِّنَ الْعَالَمِينَ

TERJEMAH :

Dan (ingatlah) ketika Luth berkata pepada kaumnya: “Sesungguhnya kamu benar-benar mengerjakan perbuatan yang amat keji yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun dari umat-umat sebelum kamu”.

TAFSIR :

Ingatlah (wahai Rasul) Luth saat dia berkata kepada kaumnya : Sesungguhnya kalian telah melakukan sebuah perbuatan yang sangat buruk, tidak seorang pun manusia yang mendahului kalian dalam melakukannya.

AL-ANKABUUT : 29-

أَئِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الرِّجَالَ وَتَقْطَعُونَ السَّبِيلَ وَتَأْتُونَ فِي نَادِيكُمُ الْمُنكَرَ فَمَا كَانَ جَوَابَ قَوْمِهِ إِلَّا أَن قَالُوا ائْتِنَا بِعَذَابِ اللَّهِ إِن كُنتَ مِنَ الصَّادِقِينَ

TERJEMAH :

Apakah sesungguhnya kamu patut mendatangi laki-laki, menyamun [1150] dan mengerjakan kemungkaran di tempat-tempat pertemuanmu? Maka jawaban kaumnya tidak lain hanya mengatakan: “Datangkanlah kepada kami azab Allah, jika kamu termasuk orang-orang yang benar”.

[1150] Sebahagian ahli tafsir mengartikan “taqtha ‘uunas ‘sabil” dengan melakukan perbuatan keji terhadap orang-orang yang dalam perjalanan karena mereka sebagian besar melakukan homosexuil itu dengan tamu-tamu yang datang ke kampung mereka. Ada lagi yang mengartikan dengan “merusak jalan keturunan” karena mereka berbuat homosexuil itu.

TAFSIR :

Apakah kalian menunaikan hajat biologis kalian kepada sesama lelaki, dengan cara sodomi mencegat orang-orang musafir di jalan mereka dengan perbuatan buruk kalian, melakukan perbuatan-perbuatan mungkar di majelis-majelis kalian seperti menghina manusia, melempari orang-orang lewat, menyakiti mereka dengan kata-kata dan perbuatan?? Hal ini menunjukkan bahwa tidak boleh orang-orang mengadakan perkumpulan mungkar yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya. Maka jawaban kaum Luth adalah : Datangkanlah siksa Allah kepada kami bila kamu termasuk orang-orang yang benar dalam apa yang kamu katakan, dan mewujudkan apa yang kamu ancamkan.

AL-ANKABUUT : 30-

قَالَ رَبِّ انصُرْنِي عَلَى الْقَوْمِ الْمُفْسِدِينَ

TERJEMAH :

Luth berdo’a: “Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas kaum yang berbuat kerusakan itu”.

TAFSIR :

Luth berkata : Ya Rabbi, tolonglah aku atas kaum yang berbuat kerusakan dengan menurunkan adzab atas mereka, di mana mereka mengada-adakan perbuatan buruk tersebut dan mempertahankannya. Maka Allah menjawab doanya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*