Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Ankabuut 1-5

AL-ANKABUUT : 1-

الم

TERJEMAH :

Alif laam miim[1145].

[1145] Lihat not. 10.

TAFSIR :

Alif, laam, miim. Penjelasan tentang huruf-huruf penggalan telah hadir di awal surat al-Baqarah.

AL-ANKABUUT : 2-

أَحَسِبَ النَّاسُ أَن يُتْرَكُوا أَن يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ

TERJEMAH :

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?

TAFSIR :

Apakah manusia mengira bila mereka berkata : Kami telah beriman, bahwa Allah akan membiarkan mereka tanpa ujian dan cobaan??

AL-ANKABUUT : 3-

وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

TAFSIR :

Sungguh Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka dari kalangan umat-umat terdahulu, di mana Kami telah mengutus para Rasul kepada mereka. Maka Allah pasti mengetahui dengan ilmu yang nyata bagi manusia tentang kebenaran iman orang-orang yang benar dan kebohongan para pendusta, agar masing-masing dari keduanya bisa dibedakan dari yang lain.

AL-ANKABUUT : 4-

أَمْ حَسِبَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ السَّيِّئَاتِ أَن يَسْبِقُونَا سَاء مَا يَحْكُمُونَ

TERJEMAH :

Ataukah orang-orang yang mengerjakan kejahatan itu mengira bahwa mereka akan luput (dari azab) Kami? Amatlah buruk apa yang mereka tetapkan itu.

TAFSIR :

Apakah orang-orang yang melakukan kemaksiatan-kemaksiatan berupa syirik dan lainnya mengira bisa menghalangi Kami, sehingga mereka bisa luput dari Kami sehingga Kami tidak kuasa atas mereka?? Seburuk-buruk ketetapan yang mereka ambil bila memang demikian.

AL-ANKABUUT : 5-

مَن كَانَ يَرْجُو لِقَاء اللَّهِ فَإِنَّ أَجَلَ اللَّهِ لَآتٍ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

TERJEMAH :

Barangsiapa yang mengharap pertemuan dengan Allah, maka sesungguhnya waktu (yang dijanjikan) Allah itu, pasti datang. Dan Dialah Yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui.

 

Barangsiapa berharap bertemu Allah dan menginginkan pahala-Nya, maka ajal yang telah Allah tetapkan untuk membangkitkan makhluk-Nya untuk menerima balasan dan hukuman pasti datang dalam waktu dekat. Dan Allah Maha Mendengar kata-kata dan Maha Mengetahui perbuatan-perbuatan.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*