Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Anbiyaa’ 6-10

AL-ANBIYAA’ : 6-

مَا آمَنَتْ قَبْلَهُم مِّن قَرْيَةٍ أَهْلَكْنَاهَا أَفَهُمْ يُؤْمِنُونَ

TERJEMAH :

Tidak ada (penduduk) suatu negeripun yang beriman yang Kami telah membinasakannya sebeIum mereka; maka apakah mereka akan beriman [953]?

[953] Maksudnya: umat-umat yang dahulu telah meminta kepada rasul-rasulnya mu’jizat dan Tuhan telah mendatangkan mu’jizat itu, tetapi mereka juga tidak beriman, lalu Tuhan menghancurkan mereka. Orang musyrikin itupun kalau diberi mu’jizat yang mereka minta itu, mereka juga tidak akan beriman, karena mereka lebih keras kepala lagi dari umat-umat yang dahulu itu.

TAFSIR :

Tidak ada satu negeri pun sebelum kaum kafir Makkah yang penduduknya meminta mukjizat kepada Rasul mereka, lalu mukjizat itu terlaksana yang beriman. Bahkan mereka tetap mendustakan, lalu Kami membinasakan mereka. Apakah kaum kafir Makkah akan beriman, apabila mukjizat-mukjizat yang mereka minta itu terealisir?? Sekali-kali tidak, mereka tetap tidak akan beriman.

Asbabun Nuzul :

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Qatadah, ia berkata : Orang-orang Makkah berkata kepada Nabi صلی الله عليه وسلم  : Jika apa yang kamu katakan benar dan kamu ingin kami beriman kepadamu, maka ubahlah bukit Shafa menjadi emas. Maka Jibril datang, ia berkata : Jika kamu berkenan maka apa yang diminta oleh kaummu itu dikabulkan, akan tetapi jika mereka tetap tidak mau beriman maka mereka tidak akan diberi kesempatan lagi, jika kamu berkenan maka bersabarlah terhadap kaummu. Maka Allah menurunkan ayat 6 ini.

AL-ANBIYAA’ : 7-

وَمَا أَرْسَلْنَا قَبْلَكَ إِلاَّ رِجَالاً نُّوحِي إِلَيْهِمْ فَاسْأَلُواْ أَهْلَ الذِّكْرِ إِن كُنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ

TERJEMAH :

Kami tiada mengutus rasul rasul sebelum kamu (Muhammad), melainkan beberapa orang-laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui.

TAFSIR :

Kami tidak mengutus Rasul-rasul sebelummu, wahai Rasul, melainkan orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka. Dan Kami tidak mengutus para malaikat. Tanyakanlah, wahai orang-orang kafir Makkah, kepada orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya, jika kalian tidak mengetahui hal itu.

AL-ANBIYAA’ : 8-

وَمَا جَعَلْنَاهُمْ جَسَدًا لَّا يَأْكُلُونَ الطَّعَامَ وَمَا كَانُوا خَالِدِينَ

TERJEMAH :

Dan tidaklah Kami jadikan mereka tubuh-tubuh yang tiada memakan makanan, dan tidak (pula) mereka itu orang-orang yang kekal.

TAFSIR :

Kami tidak menjadikan orang-orang yang diutus sebelummu itu keluar dari tabiat manusia yang tidak butuh makan dan minum, dan tidak pula mereka itu kekal yang tidak akan mati.

AL-ANBIYAA’ : 9-

ثُمَّ صَدَقْنَاهُمُ الْوَعْدَ فَأَنجَيْنَاهُمْ وَمَن نَّشَاء وَأَهْلَكْنَا الْمُسْرِفِينَ

TERJEMAH :

Kemudian Kami tepati janji (yang telah Kami janjikan) kepada mereka. Maka Kami selamatkan mereka dan orang-orang yang Kami kehendaki dan Kami binasakan orang-orang yang melampaui batas.

TAFSIR :

Kemudian Kami penuhi apa yang telah Kami janjikan kepada para Nabi dan pengikut mereka berupa pertolongan dan keselamatan, dan Kami binasakan orang-orang yang melampaui batas terhadap diri mereka dengan kekafiran mereka kepada Rabb mereka.

AL-ANBIYAA’ : 10-

لَقَدْ أَنزَلْنَا إِلَيْكُمْ كِتَابًا فِيهِ ذِكْرُكُمْ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya?

TAFSIR :

Sesungguhnya Kami telah menurunkan al-Qur’an ini kepada kalian, yang berisikan kejayaan dan kemuliaan kalian di dunia dan akhirat, Jika kalian mengingatnya. Maka apakah kalian tidak memahami apa yang dengannya Aku melebihkan kalian atas selain kalian??

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*