Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Anbiyaa’ 56-60

AL-ANBIYAA’ : 56-

قَالَ بَل رَّبُّكُمْ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الَّذِي فَطَرَهُنَّ وَأَنَا عَلَى ذَلِكُم مِّنَ الشَّاهِدِينَ

TERJEMAH :

Ibrahim berkata: “Sebenarnya Tuhan kamu ialah Tuhan langit dan bumi yang telah menciptakannya: dan aku termasuk orang-orang yang dapat memberikan bukti atas yang demikian itu”.

TAFSIR :

Ibrahim berkata kepada mereka : Bahkan Rabb kalian yang aku serukan kalian kepada-Nya adalah Rabb langit dan bumi yang telah menciptakannya, dan aku termasuk orang-orang yang bersaksi atas hal itu.

AL-ANBIYAA’ : 57-

وَتَاللَّهِ لَأَكِيدَنَّ أَصْنَامَكُم بَعْدَ أَن تُوَلُّوا مُدْبِرِينَ

TERJEMAH :

Demi Allah, sesungguhnya aku akan melakukan tipu daya terhadap berhala-berhalamu sesudah kamu pergi meninggalkannya [963].

[963] Ucapan-ucapan itu diucapkan Ibrahim udalam hatinya saja. Maksudnya: Nabi Ibrahim u akan menjalankan tipu dayanya untuk menghancurkan berhala-berhala mereka, sesudah mereka meninggalkan tempat-tempat berhala itu.

TAFSIR :

Demi Allah, sungguh aku akan memperdaya dan menghancurkan berhala-berhala kalian, sesudah kalian pergi berpaling darinya.

AL-ANBIYAA’ : 58-

فَجَعَلَهُمْ جُذَاذًا إِلَّا كَبِيرًا لَّهُمْ لَعَلَّهُمْ إِلَيْهِ يَرْجِعُونَ

TERJEMAH :

Maka Ibrahim membuat berhala-berhala itu hancur berpotong-potong, kecuali yang terbesar (induk) dari patung-patung yang lain; agar mereka kembali (untuk bertanya) kepadanya.

TAFSIR :

Lalu Ibrahim menghancurkan berhala-berhala itu, dan menjadikannya hancur berkeping-keping, dan membiarkan yang terbesar dari berhala-berhala itu. Agar kaum tersebut kembali dan bertanya kepadanya, sehingga akan tampak jelas kelemahan dan kesesatan mereka, serta hujjah tegak di hadapan mereka.

AL-ANBIYAA’ : 59-

قَالُوا مَن فَعَلَ هَذَا بِآلِهَتِنَا إِنَّهُ لَمِنَ الظَّالِمِينَ

TERJEMAH :

Mereka berkata: “Siapakah yang melakukan perbuatan ini terhadap tuhan-tuhan kami, sesungguhnya dia termasuk orang-orang yang zalim.”

TAFSIR :

Kaum itu kembali dan melihat berhala-berhala mereka telah hancur dalam keadaan terhina, maka mereka pun bertanya satu sama lain : Siapakah yang melakukan tindakan ini terhadap sembahan-sembahan kita?? Sesungguhnya dia benar-benar zhalim, karena lancing terhadap sembahan-sembahan yang berhak untuk diagungkan dan dimuliakan.

AL-ANBIYAA’ : 60-

قَالُوا سَمِعْنَا فَتًى يَذْكُرُهُمْ يُقَالُ لَهُ إِبْرَاهِيمُ

TERJEMAH :

Mereka berkata: “Kami dengar ada seorang pemuda yang mencela berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim “.

TAFSIR :

Orang yang pernah mendengar Ibrahim bersumpah bahwa ia akan memperdaya berhala-berhala mereka berkata : Kami pernah mendengar ada seorang pemuda yang mencela berhala-berhala ini, yang bernama Ibrahim.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*