Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Anbiyaa’ 106-112

AL-ANBIYAA’ : 106-

إِنَّ فِي هَذَا لَبَلَاغًا لِّقَوْمٍ عَابِدِينَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya (apa yang disebutkan) dalam (surat) ini, benar-benar menjadi peringatan bagi kaum yang menyembah (Allah).

TAFSIR :

Sesungguhnya pada bacaan ini benar-benar terdapat pelajaran yang cukup bagi kaum yang beribadah kepada Allah sesuai dengan apa yang Dia syariatkan untuk mereka dan Dia ridhai dari mereka.

AL-ANBIYAA’ : 107-

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَالَمِينَ

TERJEMAH :

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.

TAFSIR :

Kami tidak mengutusmu, wahai Rasul, melainkan sebagai rahmat bagi semua manusia. Barangsiapa beriman kepadamu, maka ia berbahagia dan selamat. Sebaliknya, barangsiapa tidak beriman, maka ia merugi.

AL-ANBIYAA’ : 108-

قُلْ إِنَّمَا يُوحَى إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَهَلْ أَنتُم مُّسْلِمُونَ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Sesungguhnya yang diwahyukan kepadaku adalah: “Bahwasanya Tuhanmu adalah Tuhan Yang Esa. maka hendaklah kamu berserah diri (kepada-Nya)”.

TAFSIR :

Katakanlah : Sesungguhnya yang diwahyukan kepadaku dan yang dengannya aku diutus, ialah bahwa Illah kalian yang berhak disembah satu-satunya adalah Allah, maka berserah dirilah kepada-Nya, dan patuhlah untuk beribadah kepada-Nya.

AL-ANBIYAA’ : 109-

فَإِن تَوَلَّوْا فَقُلْ آذَنتُكُمْ عَلَى سَوَاء وَإِنْ أَدْرِي أَقَرِيبٌ أَم بَعِيدٌ مَّا تُوعَدُونَ

TERJEMAH :

Jika mereka berpaling, maka katakanlah: “Aku telah menyampaikan kepada kamu sekalian (ajaran) yang sama (antara kita) dan aku tidak mengetahui apakah yang diancamkan kepadamu itu sudah dekat atau masih jauh?”.

TAFSIR :

Jika mereka berpaling dari Islam, maka katakanlah kepada mereka : Aku menyampaikan kepada kalian semua apa yang diwahyukan Allah kepadaku. Karena aku dan kalian sama dalam pengetahuan, tatkala aku memberikan peringatan terhadap kalian. Aku tidak lebih tahu (setelah itu) kapankah adzab yang diancamkan terhadap kalian itu akan menimpa kalian.

AL-ANBIYAA’ : 110-

إِنَّهُ يَعْلَمُ الْجَهْرَ مِنَ الْقَوْلِ وَيَعْلَمُ مَا تَكْتُمُونَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya Dia mengetahui perkataan (yang kamu ucapkan) dengan terang-terangan dan Dia mengetahui apa yang kamu rahasiakan.

TAFSIR :

Sesungguhnya Allah mengetahui perkataan yang kalian ucapkan dan perkataan yang kalian sembunyikan dalam hati kalian, dan Dia akan menghisab kalian atas hal itu.

AL-ANBIYAA’ : 111-

وَإِنْ أَدْرِي لَعَلَّهُ فِتْنَةٌ لَّكُمْ وَمَتَاعٌ إِلَى حِينٍ

TERJEMAH :

Dan aku tiada mengetahui, boleh jadi hal itu [975] cobaan bagi kamu dan kesenangan sampai kepada suatu waktu.

[975] Maksudnya: melambatkan datangnya azab kepada mereka.

TAFSIR :

Aku tidak mengetahui boleh jadi penundaan adzab yang kalian minta disegerakan itu adalah penguluran dan cobaan bagi kalian, dan agar kalian bisa bersenang-senang di dunia hingga suatu waktu; agar kalian semakin bertambah kafir, kemudian hal itu akan menambah adzab kalian.

AL-ANBIYAA’ : 112-

قَالَ رَبِّ احْكُم بِالْحَقِّ وَرَبُّنَا الرَّحْمَنُ الْمُسْتَعَانُ عَلَى مَا تَصِفُونَ

TERJEMAH :

(Muhammad) berkata: “Ya Tuhanku, berilah keputusan dengan adil [976]. Dan Tuhan kami ialah Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Yang dimohonkan pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu katakan”.

[976] Yaitu antara kami dengan ahli Mekah.

TAFSIR :

Nabi صلی الله عليه وسلم berkata : Wahai Rabbku, berilah keputusan antara kami dengan kaum kami yang mendustakan dengan keputusan yang benar. Kami memohon kepada Rabb kami, ar-Rahman (Yang Maha Pemurah) dan kami memohon pertolongan kepada-Nya atas apa yang kalian katakana, wahai orang-orang kafir, berupa kemusyrikan, pendustaan, dan kebohongan tergadap-Nya, serta apa yang kalian ancamkan terhadap kami berupa kemenangan.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*