Sistem Pembelajaran SENTRA

Dimulainya sistem sentra

Pada tahun pelajaran 2014-2015 ini TK IBNU UMAR akan memulai menggunakan metoda pembelajaran Sistem Tematik Sentra.

Sistem sentra merupakan pusat dari kegiatan bermain dan belajar dengan spesifikasi dan ketertarikan/minat sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Sistem sentra ini merupakan strategi yang efektif dalam mengembangkan domain perkembangan secara optimal sehingga anak sukses dalam perkembangannya.

Efek kerja terhadap guru

Pada sistem ini guru-guru dipacu untuk lebih kreatif dan bekerja dengan waktu yang lebih banyak dibanding metode klasik sebelumnya. hal ini disebabkan karena dibutuhkan persiapan yang cukup banyak seperti alat peraga, skenario kegiatan, dll. bahkan waktu persiapan bisa melebihi waktu kegiatannnya itu sendiri.

Learning by doing

Dalam Sistem Sentra ini siswa akan belajar sambil praktek langsung (learning by doing) dimana selama ini mereka hanya mendengar saja lalu membayangkannnya kemudian menyerap ke dalam otak. metode pembelajaran ini insya Allah akan lebih membekas di dalam benak murid sehingga target dan tujuan dari pembelajaran akan tercapai

berikut adalah beberapa Sentra- sentra yang dijalankan di TK IBNU UMAR :

Sentra Science / bahan alam

Membantu anak mengenal dan memahami konsep-konsep science sederhana melalui observasi, eksplorasi dan sebagainya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitarnya Sentra persiapan Sentra ini terdiri dari matematika dan bahasa

Melatih anak untuk mengembangkan daya pikirnya melalui konsep matematika sederhana serta memfokuskan pada kesempatan anak untuk mengembangkan kemampuan berbahasa, berkomunikasi dengan teman dan guru, termasuk permainan kartu huruf dan kata.

Sentra Seni

Memfokuskan pada kesempatan untuk mengembangkan kemampuan menggunakan berbagai alat dan bahan yang berbeda dengan tujuan pengalaman proses bekerja, bukan semata-mata menghasilkan suatu produk atau hasil karya.

Sentra Balok

Membantu anak dalam keterampilan membangun dan menyusun ke representasi bentuk nyata dari bermain sendiri sampai pada kemampuan bekerja sama dalam kelompok kecil dengan perencanaan dalam membangun.

Alat-alat yang disediakan : balok dengan berbagai macam bentuk dan ukuran, lego, lassy, counting tree dan lain-lainnya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*