Jika Emas/Perak Tidak Mau Di Bakar

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Saudaraku semoga rahmat Allah Ta’alaa selalu bersama kita , anda pasti mengetahui perhiasan emas/perak yang dipakai istri,anak wanita atau para wanita.
Prosesnya panjang, dari tambang yang penuh bahaya, diangkat berbentuk butiran kecil atau bongkahan atau nugget, dibersihkan dengan dibakar dan diberi bahan kimia…di design dengan indah atau di bentuk jadi kalung, gelang dst..
Itulah perjalanan emas/perak…dia bahkan rela dibakar untuk berpisah dengan tanah atau benda lainnya yang tak berharga…

Bagaimana dengan orang Islam?
bagaimana seorang muslim menuju kemuliaannya…

Coba pelajari dengan baik hadits ini

عَنْ أُمِّ العَلاَءِ قَالَتْ : عَادَنِيْ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا مَرِيْضَةً، فَقَالَ : اَبْشِرِىْ يَا أُمِّ العَلاَءِ، فَإِنِّ مَرَضَ المُسْلِمِ يُذْ هِِبُ اللَّهُ بِهِ خَطَايَاهُ كَمَا تُذْ هِبُ النَّارُ خَببَثَ الذَّهَبِ وَالفِضَّةِ

“Dari Ummu Al-Ala’, dia berkata :”Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjenguk-ku tatkala aku sedang sakit, lalu beliau berkata. ‘Gembirakanlah wahai Ummu Al-Ala’. Sesungguhnya sakitnya orang Muslim itu membuat Allah menghilangkan kesalahan-kesalahan, sebagaimana api yang menghilangkan kotoran emas dan perak”

[Isnadnya Shahih, ditakhrij Abu Daud, hadits ini saya kutip dari almanhaj]

Pelajaran dari hadits

1. Manusia yang paling mulia shallallhu alaihi wasalam mengajarkan kita untuk menjenguk orang sakit.Ini adalah sunnah yang mulia dan patut ditiru.

2. Membawa kegembiraan bukan menakut nakuti.Doa kesembuhan atau hadiah atau kata-kata yang baik.

3. Allah Ta’alaa yang Maha Pengampun Maha Penyayang membersihkan hambaNya dari dosa- dosa dengan sakit bagai emas atau perak dibakar untuk menjadi logam mulia…perumpamaan yang indah penuh makna bagi kaum yang mau berfikir.

Demikianlah pelajaran bagi kita agar selalu mencari hikmah dan ilmu yang dengannya Allah Ta’ala menjelaskan hikmah yang sangat bermanfaat bagi kita dalam masalah sakit seorang manusia menjadi beberapa kaeadaan.

1. Sakitnya orang kafir adalah azab yang didahulukan azab di akhirat lebih pedih jika mereka mati dalam kekafiran.

2. Sakitnya orang Islam akan berbeda beda.

2.1.Jika ridho dan sabar sakit akan mengahpus dosanya, atau mendapatkan surga seperti seorang wanita yang rela sakit ayan dan mendapat tawaran dari nabi jika sabar balasannya surga jika mau sembuh nabi akan mendoakannya (al hadits)

2.2. Menegur dari kelalaian mengingat Allah Ta’ala, seorang yang sedang sakit akan banyak mengingat kebesaran Allah Ta-ala karena waktu sehat banyak lupanya.

2.3. Akan lebih memahami arti nikmat sehat yang kebanyakan manusia lalai dan dengannya.

2.4 Sakit juga menjadi test keimanan, karena ada yang mencoba sembuh sakitnya dengan jalan yang haram, mengkonsumsi barang haram, atau caranya yang mengandung kesyirikan.Orang muslim tidak boleh menempuh jalan ini karena dosa besar bahkan kalau sampai ke dukun, paranormal, orang pinter dll akan merusak aqidahnya naudzubullahi min dzalik.

Masih banyak hikmah yang dapat kita pelajari semoga kiranya kita digolongkan orang yang mempunyai kebaikan dalam keadaan sehat dan dalam keadaan sakit. Hanya kepada Allah Ta’alaa saja kita memohon sehat wal afiat. Aamin.

Wallahu a’lam
===
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ

Akhukum fillah

Abdurrahim Ayyub
===
Sekolah dan Pondok Tahfidz
Ibnu Umar
Ciputat-Pamulang-Cibodas
www.ibnuumar.sch.id

 

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*