Jangan Biarkan hati Anda menderita karena hasad

بسم الله الرحمن الرحيم

Hasad adalah penyakit hati yang diharamkan syari’at. Allah juga menyebutkan bahwa hasad adalah salah satu sifat tercela dari kaum yahudi, mereka hasad terhadap رسول الله صلى الله عليه و سلم dan kaum mukminin.

Allah berfirman: “Sebahagian besar ahli kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan Kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, Karena dengki yang timbul Dari diri mereka sendiri,setelah nyata bagi mereka kebenaran.” (Al-baqoroh:109)

Ada 7 unsur-unsur yang menyebabkan perpecahan:
1.  saling hasad
2.  saling memusuhi
3.  saling mencari celah-celah kesalahan
4.  saling bersaing yang tidak sehat
5.  saling memata-matai (jasus)
6.  saling menghukum
7.  saling membelakangi

Bahaya hasad

Hasad merupakan penyakit hati yang berbahaya bagi manusia, karena penyakit ini menyerang hati si penderita dan meracuninya. membuat dia benci dan menginginkan kenikmatan itu hilang dari saudaranya.

Jadi hasad itu hakikatnya adalah menentang qadha & qadar yang telah ditetapkan Allah azza wa jalla.

Ibnu Qayyim Rahimahulloh berkata:
Sesungguhnya hakikat hasad adalah bagian dari sikap menentang الله. Karena si peng-hasad  ini membenci الله atas nikmat-Nya yang telah الله turunkan.

Hasad juga membuatnya senang dan hilangnya Nikmat tersebut dari saudaranya, padahal الله benci jika Nikmat itu hilang dari saudaranya .

Jadi,hasad itu hakikatnya menentang Qadha dan Qadharnya الله سبحانه و تعلى.

ام يحسدون الناس على ما اتهم الله من فدله،فقد أتينا ال ابراهيم الكتب والحكم و ا تينهم ملكا عظيما

Artinya: “Ataukah mereka dengki kepada manusia (محمد) Karena yang telah diberikan kepada الله kepadanya? Sungguh,kami telah memberikan kitab dan Nikmat kepada keluarga Ibrahim,dan kami telah memberikan kepada manusia Kerajaan-Kerajaan (kekuasaan) yang besar.”  (QS.4 ayat ke-54)

Sebab-sebab hasad

Sumber dan penyebab hasad adalah karena cinta Dunia, baik cinta harta, benda, kedudukan, jabatan, dan yang lainnya.

Muhammad Ibnu Sirin Rahimahulloh mengatakan: “Saya tidak pernah dengki kepada orang lain dalam perkara Dunia,Karena apabila dia ditetapkan sebagai ahli jannah,bagaimana bisa Saya mendengkinya dalam perkara Dunia,sementara dia berjalan Menuju naar“. (Mukhtasar Minhajul Qasidin 177)

Obat hasad

Di antara obat hasad yang paling mujarab adalah sebagaimana yang telah diterangkan الله dalam firmanNya :

ولا تمنوا ما فضل الله به بعضكم على بعض،للرجال نصيب مما اكتسبوا،و للنساء نصيبن مما اكتسبن،وسألوا الله من  فضله، ان الله كان بكل شيء عليما.

Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan الله kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain.(karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan(pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada الله sebagian dari karunia-Nya. Sungguh,الله  maha mengetahui segala sesuatu” (QS: An-nisa: 32 )
Dalam ayat ini الله تعلى melarang hambanya iri (dengki) terhadap rezeki yang berada di tangan orang lain, dan Dia menunjukkan gantinya yang bermanfaat di dunia dan di akhirat yaitu dan memohon karunia-Nya, karena hal tersebut terhitung sebagai ibadah dan merupakan perantara agar permintaannya dipenuhi apabila الله menghendakinya. (Fatawasy syabakah al-islamiyyah 7/278: maktabah Asy-syamilah).

Obat hasad lainnya yaitu :

  • Bersandar kepadaالله  bermunajat serta memohon kepada-Nya agar berkenan mengeluarkan penyakit yang kotor ini dari dalam hatinya.
  • Banyak mengingat mati.

Abu Darda رضي الله عنه mengatakan: “Seorang yang memperbanyak mengingat mati niscaya akan sedikit kesenangannya pada dunia, dan sedikit pula sifat hasadnya”. (Hiyatul Auliya 1/220)

والله أعلم بالصواب

 

Rangkuman dari nasihat Al-Ustadz Abdurrahim Ayyub hafidzohullohu ta’alaa dalam rapat kerja staf dan guru Yayasan Ibnu Umar.

ditulis oleh: Mar’atus shalihah al-atsariyyah

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*