# Hakekat Zuhud #

وعن عبد الرحمن بن يزيد عن عبد الله بن مسعود قال: ” أنتم أطول صلاة وأكثر اجتهادا من أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم وهم كانوا أفضل منكم ” ، قيل له: ” بأي شيء؟ ” قال: ” إنهم كانوا أزهد في الدنيا وأرغب في الآخرة منكم ”

Dari ‘Abdurrohman bin Yazid, dari ‘Abdulloh bin Mas’ud rodhiyallohu ‘anhu, beliau berkata, “Kalian adalah orang-orang yg sholatnya paling panjang dan paling bersemangat dari sahabat-sahabat Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam, padahal mereka adalah orang-orang yg lebih utama dari kalian”. Lalu ditanyakan kepadanya: “Dengan apa mereka (para sahabat) seperti itu ?” Beliau menjawab : “Mereka dahulu adalah orang-orang yg paling zuhud terhadap dunia dan yg paling rakus dengan kehidupan akhirat dibanding kalian”.

(Shifatush shofwah, 1 / 420)

——————————
(Sumber: Ayna nahnu min akhlaqis salaf, hal. 32 / cet. Daaruth thoyyibah lin nasyr wat tauzi’)
———————————–

Berkata al Fudhoil bin ‘Iyyadh rohimahulloh, “Inti dari kezuhudan adalah sikap ridho dengan pemberian Alloh (qona’ah). Orang yg qona’ah adalah orang yg zuhud, walaupun ia seorang yg kaya. Barangsiapa yg menjalankan konsekuensi keyakinannya, percaya sepenuhnya kepada Alloh dalam segala urusannya, ridho dengan pengaturan Alloh kepadanya, melepaskan segala ikatan rasa butuh terhadap makhluk, berharap dengan disertai rasa takut kepada Alloh, dan meninggalkan keinginan dunia yg dapat terpenuhi dengan jalan yg dibenci oleh Alloh. Maka siapa saja yg melaksanakan hal-hal yg tersebut di atas, dia adalah orang yg zuhud dengan sebenar-benarnya. Dan dia adalah orang yg paling kaya, walaupun dia tidak memiliki sedikit pun dari dunia”

(Tazkiyyatun nufus, hal. 65 – karya syaikh Ahmad Farid / cet. Maktabah tau’iyyah al islamiyyah – Mesir)
—————————–

Sekolah ibnu umar

TK – SD – SMP 1 (boarding ikhwan) – SMP 2 (full day akhwat) – SMA (full day akhwat)

Ciputat – Pamulang – Cibodas

Bagi antum yg ingin berpartisipasi menjadi muhsinin (donatur) utk siswa/siswi yatim dan tidak mampu pada yayasan kami, silahkan salurkan shodaqoh antm ke no rek berikut:

1. BCA (067-807-4848)
2. BSM (703-237-0327)
3. Mandiri (164-000-111-4422)

a/n yayasan ibnu umar

Silahkan konfirmasi shodaqoh anda ke no:

081281694860 / 088210852170

www.ibnuumar.sch.id

Syukron wa jazakumulloh khoiron

Ttd

Abu Yahya

Ketua yayasan & mudir aam ibnu umar

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*