***Hadits Ramadhan 4*** **Satu Hari Satu Hadits SHSH** Bab: Keutamaan puasa

No. Hadist: 1761

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الصِّيَامُ جُنَّةٌ فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَجْهَلْ وَإِنْ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي صَائِمٌ مَرَّتَيْنِ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ تَعَالَى مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ يَتْرُكُ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ وَشَهْوَتَهُ مِنْ أَجْلِي الصِّيَامُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Abu Az Zanad dari Al A’raj dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu; Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Shaum itu benteng, maka (orang yang melaksanakannya) janganlah berbuat kotor (rafats) dan jangan pula berbuat bodoh. Apabila ada orang yang mengajaknya berkelahi atau menghinanya maka katakanlah aku sedang shaum (ia mengulang ucapannya dua kali). Dan demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sungguh bau mulut orang yang sedang shaum lebih harum di sisi Allah Ta’ala dari pada harumnya minyak misik, karena dia meninggalkan makanannya, minuman dan nafsu syahwatnya karena Aku. Shaum itu untuk Aku dan Aku sendiri yang akan membalasnya dan setiap satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang serupa”.

(HR Bukhari, Muslim 1943, Nasa’i 2197,2198)

Keterangan hadits

1.Hadits agung yang membuat iri orang kafir akan kemuliaan ibadah puasa.

2.Puasa akan menjadi benteng yang kokoh jika pelakunya selain meninggalkan makan, minum dan bersetubuh dengan istri, seraya meninggalkan perbuatan kotor dan perbuatan bodoh.

3.Seorang yang berpuasa harus ingat dirinya sedang berpuasa jika situasi mengajak dirinya pada perkelahian dengan kata2 “saya sedang berpuasa”

4.Wanginya mulut orang yang berpuasa seperti kasturi di sisi Allah Ta’ala

5.Puasa untuk Allah Ta’alaa dengan balasan dari Allah Ta’alaa langsung

6.Satu kebaikan dibalas sampai sepuluh kebaikan.

=====
Untuk bergabung

Group WA
Kirim dengan format==»» gabung SHSH
ke no 081212837394

Pengguna Telegram alamat di bawah ini

SHSatuHadits

BBM 5438E62A

Pengguna facebook silahkan kunjungi

https://www.facebook.com/groups/HaditsNabi/

https://www.facebook.com/Shahih-Bukhari-458047030909672/
===
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ
Akhukum fillah

Abdurrahim Ayyub
===
Sekolah dan Pondok Tahfidz
Ibnu Umar
Ciputat-Pamulang-Cibodas
www.ibnuumar.sch.id⁠⁠⁠⁠

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*