**Hadits Ramadhan 14*** **Satu Hari Satu Hadits SHSH**

Bab: Orang yang tidak meninggalkan ucapan kotor

Hadist : 1771

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى أَخْبَرَنَا هِشَامُ بْنُ يُوسُفَ عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ عَنْ أَبِي صَالِحٍ الزَّيَّاتِ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اللَّهُ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلَّا الصِّيَامَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ وَالصِّيَامُ جُنَّةٌ وَإِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَصْخَبْ فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي امْرُؤٌ صَائِمٌ وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ يَفْرَحُهُمَا إِذَا أَفْطَرَ فَرِحَ وَإِذَا لَقِيَ رَبَّهُ فَرِحَ بِصَوْمِهِ

Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Musa telah mengabarkan kepada kami Hisyam bun Yusuf dari Ibnu Juraij berkata, telah mengabarkan kepada saya `Atho` dari Abu Shalih Az Zayyat bahwa dia mendengar Abu Hurairah radliallahu `anhu berkata; Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersabda:

Allah Ta`ala telah berfirman: Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali shaum, sesungguhnya shaum itu untuk Aku dan Aku sendiri yang akan memberi balasannya. Dan shaum itu adalah benteng, maka apabila suatu hari seorang dari kalian sedang melaksanakan shaum, maka janganlah dia berkata rafats dan bertengkar sambil berteriak. Jika ada orang lain yang menghinanya atau mengajaknya berkelahi maka hendaklah dia mengatakan `Aku orang yang sedang shaum. Dan demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tanganNya, sungguh bau mulut orang yang sedang shaum lebih harum di sisi Allah Ta`ala dari pada harumnya minyak misik. Dan untuk orang yang shaum akan mendapatkan dua kegembiraan yang dia akan bergembira dengan keduanya, yaitu apabila berbuka dia bergembira dan apabila berjumpa dengan Rabnya dia bergembira disebabkan `ibadah shaumnya itu.

(HR Bukhari,5472,versi fathul bari 1904,Muslim 1942,1944) dari Hadits 9 Imam.

Keterangan Hadits

1. Hadits ini hadist qudsi.
Hadis qudsi adalah berita yang Allah sampaikan kepada Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam secara makna dalam bentuk ilham atau mimpi. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan berita ‘makna’ itu dengan redaksi beliau. (Di kutip dari Faidhul Qodir, 4/468).
(Konsultasisyariah)

2.Keutamaan puasa adalah pahalanya yang Allah Ta’alaa langsung berikan untuk hambaNya.

3. Puasa sebagai benteng dari syahwat.

4. Larangan berkata rafats (kotor), berteriak, bertengkar.

5. Jika ada yang menghina cukup katakan “saya sedang berpuasa”

6. Bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah Ta`ala dari pada harumnya minyak misik.

7. Ada dua kegembiraan bagi orang yang berpuasa.
a. Ketika berbuka diwaktu maghrib
b. Ketika berjumpa dengan Rabbnya

=====
Untuk bergabung

Group WA
Gabung SHSH ke no 081212837394

Pengguna Telegram alamat di bawah ini

SHSatuHadits

BBM 5438E62A

Pengguna facebook silahkan kunjungi

https://www.facebook.com/groups/HaditsNabi/

https://www.facebook.com/Shahih-Bukhari-458047030909672/
===
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ
Akhukum fillah

Abdurrahim Ayyub⁠⁠⁠⁠

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*