Dahsyatnya Fitnah

Dahsyatnya fitnah itu. Maka sesungguhnya fitnah-fitnah itu terus-menerus menimpa umat terakhir ini agar dengannya Alloh membersihkan orang-orang yang beriman dan membinasakan orang-orang kafir, dan agar Alloh memisahkan antara yang buruk dari yang baik.

Abdulloh bin Amr ibnul Ash رضي الله عنهما menceritakan bahwasanya Rosululloh صلى الله عليه وسلم bersabda:

«… وإن أمتكم هذه جعل عافيتها في أولها وسيصيب آخرها بلاء وأمور تنكرونها وتجيء فتنة فيرقق بعضها بعضها وتجيء الفتنة فيقول المؤمن هذه مهلكتي ثم تنكشف وتجيء الفتنة فيقول المؤمن هذه هذه». الحديث. (أخرجه مسلم (1844)). “…

dan sesungguhnya umat kalian ini, dijadikan keselamatannya pada generasi awalnya. Dan generasi akhirnya akan tertimpa bencana dan perkara-perkara yang kalian ingkari. Dan fitnah datang, sebagiannya menjadikan sebagian yang lain menjadi tampak lemah, dan datang fitnah lagi, sehingga seorang mukmin berkata: “Inilah kebinasaanku.” Kemudian hilanglah fitnah itu. Kemudian datang lagi fitnah, sehingga seorang mukmin berkata: “Inilah, inilah.” Dst. (HR. Muslim (1844)).

Maka bagi orang yang menginginkan keselamatan, dia wajib untuk mengetahui kebenaran di dalam fitnah yang gelap seperti ini, dengan cara mengikhlaskan niat untuk Alloh ta’ala, dan membulatkan tekad untuk mengikuti perkara yang sesuai dengan Al Kitab dan As Sunnah dengan pemahaman salaful ummah, serta mencurahkan kemampuan untuk meneliti dan merenungkan, tanpa taqlid (membebek) ataupun ta’ashshub (fanatisme), dan juga dengan terus-menerus merasa amat membutuhkan Robbnya عز وجل dan berdoa kepada-Nya, karena sesungguhnya Alloh itu tidak akan menyia-nyiakan kerja keras orang yang berbuat ihsan.

Alloh ta’ala berfirman:

والذين جاهدوا فينا لنهدينهم سبلنا وإن الله لمع المحسنين.

Dan orang-orang yang berusaha keras untuk mencari jalan-jalan Kami, pastilah Kami akan menunjuki mereka jalan-jalan keridhoan Kami. Dan sesungguhnya Alloh benar-benar bersama orang-orang yang muhsinin.” ( Al ‘ankabut: 69)

Oleh: Sulaiman Abu Syekha

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*