Beribadahlah Sebelum Terlambat

Bismillah

Anak muda akan di ilhamkan oleh syaithon…kamu masih muda puaskanlah masa mudamu untuk berfoya foya…

Setelah dia tua renta hasil foya foyanya mengakibatkan tidak tahu apa-apa dalam masalah agama dan sedikit amal ibadahnya maka syaithon membisikan lagi…kamu sudah terlambat percuma ibadah sudah terlalu banyak maksiat dan dosa…sudah terlanjur…untuk apa ibadah..

Jika orang ini mengikuti nasehat jahat dari syaithon maka dia istiqomah dalam maksiat dan dosa bahkan mungkin wafat dalam keadaan su’ul khatimah (akhir yang buruk)…naudzubullahi mindzaalik.

Maka bagi kita suatu nasehat dari Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ: شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ, وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ, وَغِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ, وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ, وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

Pergunakanlah yang lima sebelum datang yang lima (yaitu)
1.masa mudamu sebelum datang masa tua;
2.masa sehatmu sebelum datang masa sakit;
3.masa kayamu sebelum datang masa miskin;
4.masa luangmu sebelum datang masa sibuk;
5.masa hidupmu sebelum datang kematian.
(Hadits shahih, diriwayatkan oleh al-Hâkim dalam Mustadraknya dll)

Saudaraku hikmah isi hadits diatas diantaranya adalah

1.Mencoba mengingat dikalangan saudara, teman, kenalan yang menyesal dihari tuanya ambil pelajaran darinya, agar tidak mengulang sejarah kelamnya. Bukankah kita saksikan pemuda dicabut nyawanya padahal masih dalam keadaan maksiat? Padahal belum lagi taubat..

2.Silahkan sekali kali kunjungi rumah sakit atau menjenguknya…niscaya kita akan mendapatkan nikmatnya sehat…pernahkah anda mempunyai bisul di dahi? Atau sakit mata yang akut atau lainnya…lalu sujud…bisakah sujud dengan lama dan tenang? Padahal sewaktu sehat bisa sujud lama tetapi selalunya sering lupa ingin cepat cepat kepala diangkat…bahkan dalam sujudpun tidak mengingat apa yang harus dibaca…karena sibuknya dengan urusan dunia wa naudzubillahi min dzaalik.

3.Sewaktu ada uang, kaya kita belanjakan untuk sesuatu yang tidak berguna…dengan itikad nanti saja kalau sedekah, berinfak uang masih banyak..karena ditunda tunda akhirnya lupa…begitu jatuh miskin atau tidak ada uang terbayang di pelupuk mata..coba aku haji atau umroh dulu…coba aku sedekah dulu…dst begitu syaithon menggoda kita…

4.Masa luang, menghayal jadi orang kaya, jadi ulama, jadi ini dan itu…
Waktu menghayalnya yang panjang padahal punya cita-cita…kesempatan emas terlewatkan…karena waktunya hanya untuk ber-leha-leha…bermain main…pada saat menghadapi kesibukan kerja, kesibukan berumah tangga…tidak dapat lagi menuntut ilmu, berkarya dengan maksimal…sisa tenaga di hari-hari yang sibuk tidak akan sama dengan hari-hari yang senggang….

5.Nasehat yang paling akhir…jika masa muda sudah terlewatkan, masa sehat sudah berlalu karena sudah banyaknya penyakit, masa senggang juga tinggal kenangan karena banyaknya masalah yang harus diselesaikan,…tinggallah kehidupan ini yang masih ada dengan sisa usia, sisa kesehatan, sisa harta, sisa waktu senggang…kematian sudah didepan mata…sudah bau kuburan…jika seorang yang mendapat hidayah dia akan habiskan waktunya untuk ibadah, menyesali masa mudanya, menyia nyiakan waktu dan kesehatannya serta hartanya…dia bangkit dan menyerahkan semuanya untuk Allah Ta’ala,taubat dan mengharap ampunan atas kelalaiannya dari Allah Ta’alaa Rabbnya…yang menerima hambaNya yang benar benar bertaubat…atas maksiat yang dikerjakannya

Wallahu a’lam

Allahumma shalli wasallim alaa Rasulillah Muhammad shalallahu alaihi wasallam
Wa ‘alaa aalihi wa shahbihi ajmaiin.

Akhukum fillah

Abdurrahim Ayyub
===
Sekolah dan Pondok Tahfidz
Ibnu Umar
Ciputat-Pamulang-Cibodas
www.ibnuumar.sch.id

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*