Apakah Perangkat Ini Ada dan Berfungsi?

Bismillah

Saudaraku apakah anda pernah membeli alat elektronik?
Misalkan mesin cuci atau radio atau lainnya? Setelah membayar sesuai harga pasti mengharap alat tersebut berfungsi sesuai tujuannya.
Jika tidak berfungsi pastinya akan kecewa, bahkan bisa marah kepada penjual atau pabriknya.
Tetapi sebelum kita kecewa atau marah apakah kita sudah baca petunjuknya, cara menggunakannya?
Kadang kesalahan pada kita misalnya mesin cuci yang untuk muatan 9 kg di bebani 15kg pakaian kotor.Hingga mesin tidak bergerak bahkan mungkin rusak lambat atau cepat.

Mari kita coba memahami apa yang Allah Ta’alaa anugerahkan kepada kita (ingat semuanya gratis):

1.Hati, ada yang menyatakan dia adalah jantung yang harganya kurang lebih 14 milyar(dari suatu sumber).Apakah sudah berfungsi sesuai dengan yang telah menganugerahkannya?

2.Mata, (-/+ 36juta) dua bola mata yang indah ini mahal apakah sudah berfungsi sesuai petunjuk?

3.Telinga,(tidak tahu harganya) nah ini juga apakah sesuai petunjuk Penciptanya?

Cukup tiga saja yang kita sebut…apakah perangkat ini telah sesuai dengan petunjuk Penciptanya?….

Mari saudaraku kita baca ayat Allah Ta’alaa dalam memberi petunjuk pemakaian fasilitas tsb.

Dan ancaman jika salah dalam penggunaannya.

Allâh Azza wa Jalla berfirman:

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ ۖ لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا ۚ أُولَٰئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ
yang artinya:

Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia. Mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allâh), mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allâh) dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allâh). Mereka itu seperti binatang-binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. mereka Itulah orang-orang yang lalai.
[al-A’râf/7:179]

Penjelasan ayat

1.Hati yang selamat dari neraka jahanam hati yang selamat dari kesyirikan dan bid’ah, yang selalu memikirkan dan berisi kefahaman ayat dan hadits nabi.Selalu mengingat Allah Ta’alaa. Jika menyimpang dari hal itu semua maka tempatnya di jahanam.Naudzubillah.

2.Mata, apakah dipergunakan dengan baik untuk membaca Al Quran dan hadits atau ilmu syar’i lainnya. Atau hanya untuk maksiat yang akan merusak hati dan akal sehingga mengakibatkan masuknya si pemiliknya ke neraka jahannam.Wa naudzubillahi min dzaalik.

3.Telinga, yang dengannya suara-suara nan indah kita dengar.Apakah yang indah didengar telinga kita itu ayat dan hadits atau ucapan yang baik atau sekedar mendengar musik, suara menggibah orang atau suara yang mengandung syahwat yang haram?Kitalah yang akan menjawab semua ini nanti dan jahanam telah menanti jika hal yang buruk yang selalu kita dengar.

Pada akhirnya beberapa anggota tubuh kita akan bersaksi untuk amal kita…

Firman Allah dalam Surat Fushilat ayat 20-21 yang artinya:

“Pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan. Dan mereka berkata kepada kulit mereka: Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami?” Kulit mereka menjawab: “Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata”.

Ayat lainya

الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَىٰ أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksian kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan. [Yaasin / 36:65]

Allah Azza wa jalla berfirman :

يَوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ أَلْسِنَتُهُمْ وَأَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Pada hari (ketika) lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. [an-Nûr/ 24:24].

Saudaraku, marilah kita arahkan dan kerahkan seluruh nikmat kesempurnaan tubuh kita sesuai dengan Petunjuk Penciptanya agar kita selamat dari neraka jahanam.

Wallahu a’lam

Allahumma shalli wasallim alaa Rasulillah Muhammad shalallahu alaihi wasallam
Wa ‘alaa aalihi wa shahbihi ajmaiin.

Akhukum fillah

Abdurrahim Ayyub
===
Sekolah dan Pondok Tahfidz
Ibnu Umar
Ciputat-Pamulang-Cibodas
www.ibnuumar.sch.id

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*