ANAKKU MULAI BERSEKOLAH ( I )

A. HARI PERTAMA SEKOLAH.

Setiap anak tentu melalui tikungan sejarah dalam kehidupannya. Apalagi kalau bukan hari pertama disekolah. Hari ini sangat penting sekali. Apabila anda tidak mempedulikan hari ini, anak anda tiak akan memperhatikannya.
Sebaliknya, apabila anda menantikan hari ini dengan keresahan berlebih, ia akan merasakan keresahan yang sama.

Banyak orang tua yang terlalu khawatir memperhatikan pekan pertama awal tahun pelajaran dengan menyiapkan seluruh perlengkapan sekolah yang diperluka. Namun, mereka lupa untuk membantu anak-anak beradaptasi dengan wajah-wajah baru yang akan mereka temui disekolah.

1. Usahakan anda memanggil 1 atau 2 anak yang akan ikut belajar bersama anak disekolah, agar anak mengenali dan berteman dengan mereka.

2. Mulailah menanamkan rasa suka sekolah pada diri anak sebelum menginjak usia sekolah, seperti pada usia 4tahun misalnya.

3. Belikan sebagian peralatan sekolah untuk anak anda, dan katakan padanya bahwa alat-alat tersebut anda simpan terlebih dahulu hingga anak masuk sekolah.

4. Beberapa hari sebelum mulai sekolah, mulailah membeli keperluan-keperluan sekolah seiring kian dekatnya waktu bagi anak untuk sekolah. Jadikan kepergian anak kesekolah sebagai perayaan menyenangkan yang semakin membuatnya merindukan hari itu.

5. Pada pagi hari pertama, anda harus membuat anak anda merasa tenang. Salah satu situasi paling sulit yang dihadapi anak pada hari pertama sekolah adalah ketika berpisah dengan ayah/bunda kala meninggalkannya didalam sekolah.

6. Saat pulang sekolah, tanyakan pada anak, apa yang ia lakukan selama berada disekolah. Dalam perjalanan pulang, ceritakan segala sesuatu seperti biasanya terkait orang-orang disekitar anda.

 

source ; Kaifa Turabbii Abnaa’aka fii Haadzaz Zamaan???

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*