Al-Kitab (Buku)

*๐Ÿ“•Al-kitab(Buku)๐Ÿ“•*

Di butuhkan ketertarikan yang kuat dari mu dan perhatian yang sangat terhadap buku, buku itu membutuhkan kerinduan/perhatian yang lebih seperti rindunya/perhatiannya al-jahidz terhadap bukunya. Dan ia meninggal diantara bukunya yang selalu bersamanya.
Atau rindunya/perhatiannya as-syuyuthy yang ia lahir di maktabahnya dan meninggal di maktabahnya.

โœ’ asy-Syeikh Sholih bin ‘Abdil ‘Aziz aalu syeikh _-hafizhohullah-_ : al-Maawardi _-rahimahullah-_ berkata : dan di antara hal yang bisa aku peringatkan/mewanti-wanti untukmu dari pengalamanku, bahwasanya aku menulis sebuah kitab sebagai perniagaanku, dalam hal ini aku mengumpulkan sisa-sisa buku dari orang-orang semampuku, dan aku terus berusaha, dan tekun, sehingga apabila tulisanku telah sempurna, dan aku hampir saja takjub/terheran-heran melihat hasilnya, dan akupun membayangkan bahwa akulah orang yang paling mampu dalam hal ini, maka datanglah kepadaku dua orang badui, sementara aku berada di masjid, dan merekapun bertanya kepadaku tentang jual-beli bersyarat yang telah mereka alami di kampung mereka, pertanyaan mereka mencakup 4 pertanyaan yang 1 pun aku tak mengetahui jawabannya, dan aku pun mulai berfikir, semetara kami saling memandang, sehingga mereka berkta : “apakah engkau tidak mengetahui jawaban yang kami pertanyakan, sementara engkau adalah yang paling alim di antara orang-orang ini ?” maka akupun berkata : “tidak,” mereka berkata : “kamu lemah (atau jahil),” merekapun pergi.
kemudian mereka mendatangi seorang yang paling alim di antara sahabatku, dan mereka bertanya kepadanya, diapun menjawabnya dengan cepat, dengan jawaban yang membuat mereka lega dan ridho atas jawaban itu, memujinya atas ilmu yang dimilkinya. akupun terdiam dan bingung.
Dengan kondisiku dan kondisi mereka ini, ada sebuah pelajaran, bahwasanya aku, suatu saat akan menghadapi masalah-masalah seperti apa yang telah mereka alami. dan yang demikian itu adalah sebuah nasihat dan peringatan yang keras, yang menjadikan hati ini rendah, serta merendahnya sayap keangkuhan, merupakan sebuah taufiq (petunjuk) yang telah dianugrahkan, dan hidayah yang telah diberikan.
Dalam kitab *adabudduniaa waddiin* hal. 73

abu Nu’aim dahulu adalah orang yang paling kuat hafalannya di dunia, dibacakan untuknya (kitab) dari setelah subuh hingga zhuhur, apabila ia berdiri hendak pulang ke rumahnya, mungkin ia dibacakan sambil berjalan sepanjang jalan dan itu tidak mejadikannya bosan, baginya tidak ada gizi/makanan selain menulis dan mendengar.

โ€Ž*๐Ÿ“•ุงู„ูƒุชู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ุงุจ๐Ÿ“•*
โ€Ž๐Ÿ‘ˆ๐ŸปูŠุญุชุงุฌ ู…ู†ูƒ ุฅู„ู‰ ุนุดู‚ ูƒุนุดู‚ ุงู„ุฌุงุญุธ ู„ู‡ุŒ ูู‚ุฏ ู…ุงุช ุจูŠู† ูƒุชุจู‡ ุงู„ุชูŠ ูƒุงู† ุฏุงุฆู…ุงู‹ ู…ุนู‡ุงุŒ
โ€Ž๐Ÿ‘ˆ๐Ÿปุฃูˆ ูƒุนุดู‚ ุงู„ุณูŠูˆุทูŠ ุงู„ุฐูŠ ูˆู„ุฏ ููŠ ู…ูƒุชุจุฉ ูˆู…ุงุช ููŠ ู…ูƒุชุจุฉ.

โ€Žโœ’ุงู„ุดูŠุฎ ุตุงู„ุญ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ุนุฒูŠุฒ ุขู„ ุงู„ุดูŠุฎ -ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡-.

โ€Žู‚ุงู„ ุงู„ู…ุงูˆุฑุฏูŠ โ€“ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡-:
โ€Žูˆู…ู…ุง ุฃู†ุฐุฑูƒ ุจู‡ ู…ู† ุญุงู„ูŠ ุฃู†ู†ูŠ ุตู†ูุช ููŠ ุงู„ุจูŠูˆุน ูƒุชุงุจุง ุฌู…ุนุช ููŠู‡ ู…ุง ุงุณุชุทุนุช ู…ู† ูƒุชุจ ุงู„ู†ุงุณุŒ ูˆุฃุฌู‡ุฏุช ููŠู‡ ู†ูุณูŠ ูˆูƒุฏุฏุช ููŠู‡ ุฎุงุทุฑูŠุŒ ุญุชู‰ ุฅุฐุง ุชู‡ุฐุจ ูˆุงุณุชูƒู…ู„ ูˆูƒุฏุช ุฃุนุฌุจ ุจู‡ ูˆุชุตูˆุฑุช ุฃู†ู†ูŠ ุฃุดุฏ ุงู„ู†ุงุณ ุงุถุทู„ุงุนุง ุจุนู„ู…ู‡ุŒ ุญุถุฑู†ูŠุŒ ูˆุฃู†ุง ููŠ ู…ุฌู„ุณูŠ ุฃุนุฑุงุจูŠุงู† ูุณุฃู„ุงู†ูŠ ุนู† ุจูŠุน ุนู‚ุฏุงู‡ ููŠ ุงู„ุจุงุฏูŠุฉ ุนู„ู‰ ุดุฑูˆุท ุชุถู…ู†ุช ุฃุฑุจุน ู…ุณุงุฆู„ ู„ู… ุฃุนุฑู ู„ูˆุงุญุฏุฉ ู…ู†ู‡ู† ุฌูˆุงุจุงุŒ ูุฃุทุฑู‚ุช ู…ููƒุฑุงุŒ ูˆุจุญุงู„ูŠ ูˆุญุงู„ู‡ู…ุง ู…ุนุชุจุฑุง ูู‚ุงู„ุง: ู…ุง ุนู†ุฏูƒ ููŠู…ุง ุณุฃู„ู†ุงูƒ ุฌูˆุงุจุŒ ูˆุฃู†ุช ุฒุนูŠู… ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฌู…ุงุนุฉุŸ ูู‚ู„ุช: ู„ุง. ูู‚ุงู„ุง: ูˆุงู‡ุง ู„ูƒุŒ ูˆุงู†ุตุฑูุง. ุซู… ุฃุชูŠุง ู…ู† ูŠุชู‚ุฏู…ู‡ ููŠ ุงู„ุนู„ู… ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุฃุตุญุงุจูŠ ูุณุฃู„ุงู‡ ูุฃุฌุงุจู‡ู…ุง ู…ุณุฑุนุง ุจู…ุง ุฃู‚ู†ุนู‡ู…ุง ูˆุงู†ุตุฑูุง ุนู†ู‡ ุฑุงุถูŠูŠู† ุจุฌูˆุงุจู‡ ุญุงู…ุฏูŠู† ู„ุนู„ู…ู‡ุŒ ูุจู‚ูŠุช ู…ุฑุชุจูƒุงุŒ ูˆุจุญุงู„ู‡ู…ุง ูˆุญุงู„ูŠ ู…ุนุชุจุฑุง ูˆุฅู†ูŠ ู„ุนู„ู‰ ู…ุง ูƒู†ุช ุนู„ูŠู‡ ู…ู† ุงู„ู…ุณุงุฆู„ ุฅู„ู‰ ูˆู‚ุชูŠุŒ ููƒุงู† ุฐู„ูƒ ุฒุงุฌุฑ ู†ุตูŠุญุฉ ูˆู†ุฐูŠุฑ ุนุธุฉ ุชุฐู„ู„ ุจู‡ุง ู‚ูŠุงุฏ ุงู„ู†ูุณุŒ ูˆุงู†ุฎูุถ ู„ู‡ุง ุฌู†ุงุญ ุงู„ุนุฌุจุŒ ุชูˆููŠู‚ุง ู…ู†ุญุชู‡ ูˆุฑุดุฏุง ุฃูˆุชูŠุชู‡.
โ€Žุฃุฏุจ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆุงู„ุฏูŠู† (ุต73)

โ€Žุฃุจูˆู†ุนูŠู… ูƒุงู† ู…ู† ุญูุงุธ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูŠู‚ุฑุคู† ุนู„ูŠู‡ ู…ู† ุจุนุฏ ุงู„ุตุจุญ ุฅู„ู‰ ุงู„ุธู‡ุฑ
โ€Žูุฅุฐุง ู‚ุงู… ุฅู„ู‰ ุฏุงุฑู‡ ุฑุจู…ุง ู‚ุฑุฃ ุจุนุตู‡ู… ุนู„ูŠู‡ ููŠ ุงู„ุทุฑูŠู‚ ุฌุฒุก
โ€Žุฒูˆูƒุงู† ู„ุง ูŠุถุฌุฑ
โ€Žู„ู… ูŠูƒู† ู„ู‡ ุบุฐุง ุณูˆู‰ ุงู„ุชุตู†ูŠู ุฃูˆ ุงู„ุชุณู…ูŠุน

Diterjemahkan Tim Ibnu Umar

www.ibnuumar.sch.id

Faidah WA group Syeikh Waliid Sayfu Nashr

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*