***AL BAQARAH : 36*** ***Satu Hari Satu Tafsir (SHST)***

فَأَزَلَّهُمَا الشَّيْطَانُ عَنْهَا فَأَخْرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيهِ وَقُلْنَا اهْبِطُوا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَى حِينٍ

Terjemah :

Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu [38] dan dikeluarkan dari keadaan semula [39] dan Kami berfirman: Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan.

[38] Adam dan Hawa dengan tipu daya syaitan memakan buah pohon yang dilarang itu, yang mengakibatkan keduanya keluar dari surga, dan Allah menyuruh mereka turun ke dunia. Yang dimaksud dengan syaitan di sini ialah Iblis yang disebut dalam ayat 34 surat Al Baqarah di atas.

[39] Maksud keadaan semula ialah kenimatan, kemewahan dan kemuliaan hidup dalam surga.

Tafsir :

Lalu setan menjerumuskan mereka berdua ke dalam kesalahan, dengan menggoda mereka berdua sehingga keduanya makan dari pohon larangan yang akhirnya menyebabkan mereka berdua di keluaarkan dari surga dan kenikmatannya. Allah berfirman kepada mereka, Turunkan kalian ke bumi, sebagian dari kalian akan bermusuhan dengan sebagian yang lain -yakni Adam, Hawa dan Setan-. Kalian mendapatkan tempat tinggal yang tetap di muka bumi, kalian boleh memanfaatkan apa yang ada pada nya sampai ajal kalian tiba .

===
WA 081212837394
telegram SHSTafsir
BBM 5438E62A
https://m.facebook.com/Tafsir-Al-Muyassar-437855966273691/
===
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ
Akhukum fillah

Abdurrahim Ayyub
===
Sekolah dan Pondok Tahfidz
Ibnu Umar
Ciputat-Pamulang-Cibodas
www.ibnuumar.sch.id

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*