Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Hajj 66-70

AL-HAJJ : 66-

وَهُوَ الَّذِي أَحْيَاكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ إِنَّ الْإِنسَانَ لَكَفُورٌ

TERJEMAH :

Dan Dialah Allah yang telah menghidupkan kamu, kemudian mematikan kamu, kemudian menghidupkan kamu (lagi), sesungguhnya manusia itu, benar-benar sangat mengingkari ni’mat.

TAFSIR :

Dialah Allah yang telah menghidupkan kalian, dengan mengadakan kalian dari ketiadaan, kemudian mematikan kalian ketika habis umur kalian, kemudian menghidupkan kalian dengan kebangkitan (sesudah mati) untuk menghisab amal perbuatan kalian. Sesungguhnya manusia itu benar-benar sangat mengingkari  tanda-tanda yang menunjukkan kekuasaan Allah dan keesaan-Nya.

AL-HAJJ : 67-

لِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنسَكًا هُمْ نَاسِكُوهُ فَلَا يُنَازِعُنَّكَ فِي الْأَمْرِ وَادْعُ إِلَى رَبِّكَ إِنَّكَ لَعَلَى هُدًى مُّسْتَقِيمٍ

TERJEMAH :

Bagi tiap-tiap umat telah Kami tetapkan syari’at tertentu yang mereka lakukan, maka janganlah sekali-kali mereka membantah kamu dalam urusan (syari’at) ini dan serulah kepada (agama) Tuhanmu. Sesungguhnya kamu benar-benar berada pada jalan yang lurus.

TAFSIR :

Tiap-tiap umat dari umat-umat yang telah lalu telah Kami tetapkan suatu syariat dan ibadah yang Kami perintahkan kepada mereka, dan mereka melakukannya. Karena itu, jangan sampai orang-orang musyrik Quraisy membantahmu, wahai Rasul, berkenaan dengan syariatmu, dan apa yang diperintahkan Allah kepadamu dalam manasik dan semua macam ibadah. Serulah mereka untuk mentauhidkan Rabbmu, memurnikan ibadah karena-Nya, dan mengikuti perintah-Nya. Sesungguhnya kamu benar-benar berada di atas agama lurus yang tiada kebengkokan padanya.

AL-HAJJ : 68-

وَإِن جَادَلُوكَ فَقُلِ اللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا تَعْمَلُونَ

TERJEMAH :

Dan jika mereka membantah kamu, maka katakanlah: “Allah lebih mengetahui tentang apa yang kamu kerjakan”.

TAFSIR :

Jika mereka terus membantahmu dengan kebatilan terhadap apa yang kamu serukan kepada mereka, maka janganlah melayani mereka. Tetapi katakanlah kepada mereka : Allah lebih mengetahui apa yang kalian kerjakan berupa kekafiran dan pendustaan. Karena mereka itu selalu menentang dan menolak.

AL-HAJJ : 69-

اللَّهُ يَحْكُمُ بَيْنَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِيمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

TERJEMAH :

Allah akan mengadili di antara kamu pada hari kiamat tentang apa yang kamu dahulu selalu berselisih padanya.

TAFSIR :

Allah akan memutuskan di antara orang-orang muslim dan orang-orang kafir pada Hari Kiamat tentang perselisihan mereka dalam urusan agama. Dalam ayat ini terdapat etika yang baik dalam menjawab orang yang membantah karena pembangkangan dan penolakan.

AL-HAJJ : 70-

أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاء وَالْأَرْضِ إِنَّ ذَلِكَ فِي كِتَابٍ إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

TERJEMAH :

Apakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi?; bahwasanya yang demikian itu terdapat dalam sebuah kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu amat mudah bagi Allah.

TAFSIR :

Apakah kamu tidak mengetahui, wahai Rasul, bahwa Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan bumi dengan pengetahuan sempurna yang telah dicatat-Nya dalam al-Lauh al-Mahfuzh?? Sesungguhnya pengetahuan itu adalah mudah bagi Allah yang tidak dapat dilemahkan oleh suatu pun.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*